PRINSIP PEMBUATAN BUKU PANDUAN
Oleh : Anwar Soleh
Prinsip
Relevansi
Prinsip
ini merupakan prinsip dasar yang paling dasar dalam sebuah kurikulum. Prinsip
ini juga bisa dikatakan sebagai rohnya sebuah kurikulum. Artinya apabila
prinsip ini tidak terpenuhi dalam sebuah kurikulum, maka kurikulum tersebut
tidak ada lagi artinya; kurikulum menjadi tidak bermakna. Prinsip relevansi
mengandung arti bahwa sebuah kurikulum harus relevan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sehingga para siswa mempelajari iptek yang
benar – benar terbaru yang memungkinkan mereka memiliki wawasan dan pemikiran
yang sejalan dengan perkembangan jaman. (DAHLAN, 2015) Prinsip kesesuaian. Prinsip ini ada dua jenis, yaitu relevansi
eksternal (external relevanci) dan
relevansi internal (internal relevance).
Relevansi eksternal artinya kurikulum harus sesuai dengan tuntutan dan
kebutuhan masyarakat. Sedangkan relevansi internal yaitu kesesuaian antar
komponen kurikulum itu sendiri. (jumiati, 2015)
Prinsip
Konsistensi
Konsistensi adalah sebuah usaha untuk terus dan terus melakukan
sesuatu sampai pada tercapai tujuan akhir. Sikap/sifat yang gigih dan rajin ini
akan menjadikan seseorang yang biasa-biasa menjadi luar biasa. Demikian juga
dengan pekerjaan-pekerjaan kecil, namun dilakukan secara konsisten tentu akan
memberikan manfaat yang sangat besar. (Wajiran, 2012) Dimana metode atau prinsip akuntansi yang digunakan dalam pelaporan
keuangan tetap digunakan secara konsisten, tidak berubah-ubah metode dan
prosedur. (Nicho, 2014)
Prinsip Kecukupan
Prinsip
kecukupan artinya materi yang diajarkan
hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. (SUDRAJAT,
2008) Materi tidak
boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit
akan kurang membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. (Ajar, 2015)
Lebih Lengkap Silahkan Lihat
DAFTAR PUSTAKA
Ajar, K. P. (2015). Kriteria Pemilihan dan
Penggunaan Bahan Ajar. Retrieved 8 19, 2016, from Pemilihan dan
Pemanfaatan Sumber Belajar Matematika:
http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196303311988031-NANANG_PRIATNA/Pemilihan_Sumber_Belajar.pdf
DAHLAN, U. A. (2015). PRINSIP, MODEL, dan TAHAP
PENGEMBANGAN KURIKULUM. Retrieved 8 19, 2016, from PENDIDIKAN MATEMATIKA:
http://pmat.uad.ac.id/prinsip-model-dan-tahap-pengembangan-kurikulum
jumiati. (2015, Juni 14). Prinsip-prinsip
Pengembangan Kurikulum . Retrieved 8 19, 2016, from Jumiati:
http://jumiatiadvent199.blogspot.co.id/2015/06/prinsip-prinsip-pengembangan-kurikulum.html
Nicho, E. (2014). 10 Prinsip Prinsip Akuntansi
yang Sering Terlupakan . Retrieved 8 19, 2016, from AKUNTANSI &
MANAJEMEN : http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/06/Prinsip-Prinsip-Akuntansi.html
SUDRAJAT, A. (2008, Maret). Konsep Pengembangan
Bahan Ajar. Retrieved 8 19, 2016, from Blog Pendidikan:
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/04/konsep-pengembangan-bahan-ajar-2/
Wajiran. (2012, 8 21). Konsistensi Kunci
Kesuksesan. Retrieved 8 19, 2016, from kompasiana:
http://www.kompasiana.com/wajiran/konsistensi-kunci-kesuksesan_551706a98133117d52bc710a
BIODATA
Nama : Anwar Soleh
Sekolah : SMK Islam 1 Blitar
Motto :
“Jangan Menyerah dengan kegagalan,karena tidak ada kesuksesan
tanpa ada kegagalan”.
0 komentar:
Posting Komentar