Tuntutlah Ilmu. Di Saat Kamu Miskin,Ia Akan Menjadi Hartamu. Di Saat Kamu Kaya,Ia Akan Menjadi Perhiasanmu

Recent Posts

Jumat, 19 Agustus 2016



PRINSIP PEMBUATAN BUKU PANDUAN
Oleh : Anwar Soleh
Prinsip Relevansi
Prinsip ini merupakan prinsip dasar yang paling dasar dalam sebuah kurikulum. Prinsip ini juga bisa dikatakan sebagai rohnya sebuah kurikulum. Artinya apabila prinsip ini tidak terpenuhi dalam sebuah kurikulum, maka kurikulum tersebut tidak ada lagi artinya; kurikulum menjadi tidak bermakna. Prinsip relevansi mengandung arti bahwa sebuah kurikulum harus relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sehingga para siswa mempelajari iptek yang benar – benar terbaru yang memungkinkan mereka memiliki wawasan dan pemikiran yang sejalan dengan perkembangan jaman. (DAHLAN, 2015) Prinsip kesesuaian. Prinsip ini ada dua jenis, yaitu relevansi eksternal (external relevanci) dan relevansi internal (internal relevance). Relevansi eksternal artinya kurikulum harus sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Sedangkan relevansi internal yaitu kesesuaian antar komponen kurikulum itu sendiri. (jumiati, 2015)

Prinsip Konsistensi
Konsistensi adalah sebuah usaha untuk terus dan terus melakukan sesuatu sampai pada tercapai tujuan akhir. Sikap/sifat yang gigih dan rajin ini akan menjadikan seseorang yang biasa-biasa menjadi luar biasa. Demikian juga dengan pekerjaan-pekerjaan kecil, namun dilakukan secara konsisten tentu akan memberikan manfaat yang sangat besar. (Wajiran, 2012) Dimana metode atau prinsip akuntansi yang digunakan dalam pelaporan keuangan tetap digunakan secara konsisten, tidak berubah-ubah metode dan prosedur. (Nicho, 2014)

Prinsip Kecukupan
Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. (SUDRAJAT, 2008) Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. (Ajar, 2015)



 Lebih Lengkap Silahkan Lihat

DAFTAR PUSTAKA

Ajar, K. P. (2015). Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Bahan Ajar. Retrieved 8 19, 2016, from Pemilihan dan Pemanfaatan Sumber Belajar Matematika: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196303311988031-NANANG_PRIATNA/Pemilihan_Sumber_Belajar.pdf
DAHLAN, U. A. (2015). PRINSIP, MODEL, dan TAHAP PENGEMBANGAN KURIKULUM. Retrieved 8 19, 2016, from PENDIDIKAN MATEMATIKA: http://pmat.uad.ac.id/prinsip-model-dan-tahap-pengembangan-kurikulum
jumiati. (2015, Juni 14). Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum . Retrieved 8 19, 2016, from Jumiati: http://jumiatiadvent199.blogspot.co.id/2015/06/prinsip-prinsip-pengembangan-kurikulum.html
Nicho, E. (2014). 10 Prinsip Prinsip Akuntansi yang Sering Terlupakan . Retrieved 8 19, 2016, from AKUNTANSI & MANAJEMEN : http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/06/Prinsip-Prinsip-Akuntansi.html
SUDRAJAT, A. (2008, Maret). Konsep Pengembangan Bahan Ajar. Retrieved 8 19, 2016, from Blog Pendidikan: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/04/konsep-pengembangan-bahan-ajar-2/
Wajiran. (2012, 8 21). Konsistensi Kunci Kesuksesan. Retrieved 8 19, 2016, from kompasiana: http://www.kompasiana.com/wajiran/konsistensi-kunci-kesuksesan_551706a98133117d52bc710a

          BIODATA

 
 Nama : Anwar Soleh
Sekolah : SMK Islam 1 Blitar


Motto :
“Jangan Menyerah dengan kegagalan,karena tidak ada kesuksesan tanpa ada kegagalan”.
Agustus 19, 2016   Posted by anwar's with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search